Manfaat Madu bagi Kulit

Manfaat Madu bagi Kulit

Madu memang luar biasa. Tak heran jika madu sering disebut sebagai makanan dewa. Hal ini tentu saja karena madu mempunyai khasiat yang luar biasa banyak. Salah satu khasiat itu adalah sebagai bahan yang bisa dipakai untuk mempercantik kulit.

Manfaat Madu untuk Kulit

Apa saja manfaat madu bagi kecantikan dan kesehatan kulit? Lalu, bagaimana cara menggunakan madu untuk mempercantik kulit?

1. Madu bisa melembutkan dan melembapkan kulit wajah normal (madu murni).

Anda bisa mendapatkan khasiat ini dengan cara mengoleskan madu langsung pada permukaan kulit wajah (sebagai masker). Diamkan sekitar 30 menit dan kemudian dibersihkan dengan air dingin. Lakukan minimal seminggu 2 kali.

2. Madu bisa dijadikan bahan masker untuk kulit kering.

Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara mencampurkan madu dengan pisang matang. Campurkan keduanya hingga rata (bila perlu menggunakan blender). Kemudian, usapkan di permukaan kulit wajah hingga merata. Diamkan sekitar 30 menit dan bersihkan dengan menggunakan air dingin. Pemaskeran ini bisa dilakukan minimal 2 kali seminggu.

3. Madu bisa menghaluskan kulit kaki yang kering dan pecah-pecah.

Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara mencampurkan 2 gelassusu hangat dengan segelas madu (perbandingan 2 : 1) ke dalam baskom. Kemudian, masukkan kedua kaki ke dalam baskom tersebut. Diamkan selama 15 menit sambil diurut-urutkan. Cara-cara ini juga bisa dipakai dalam perawatan kulit lutut, siku, tangan, atau bagian-bagian tubuh Anda yang lain yang ingin menjadi lebih lembut.

4. Madu bisa dibuat lotion alami untuk perawatan kulit sehari-hari.Lotion ini bermanfaat dalam menjaga kehalusan kulit.

Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara mencampurkan satu sendok teh madu, satu sendok teh minyak biji anggur, satu sendok tehjus lemon, dan tiga tetes minyak lavender. Aduk semua bahan hingga rata dan usapkan di seluruh permukaan kulit tubuh setiap setelah mandi pagi.

5. Madu bisa dibuat pembersih kulit dan wajah. Pembersih ini bermanfaat menjaga kebersihan dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran.

Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan mencampurkan satu sendok madu, satu sendok serbuk biji almond, satu sendok teh jus lemon atau jus jeruk, dan beberapa tetes minyak aromaterapi. Semua bahan diaduk hingga rata kemudian diusapkan di seluruh permukaan kulit tubuh setiap 2 hari sekali sebelum mandi.

6. Madu bisa membersihkan kulit tubuh, kulit kepala, dan rambut.

Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara melarutkan segelas madu di dalam air mandi. Gunakan air mandi ini untuk membilas tubuh, kepala, dan rambut Anda setiap mandi.

7. Madu bisa dibuat sebagai penyegar kulit untuk kulit normal.

Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara mencampurkan madu pada cuka apel (vinegar) dengan perbandingan 5 (madu) : 1 (cuka apel). Campuran bisa diusapkan pada kulit wajah minimal seminggu sekali.

8. Madu bisa digunakan sebagai eksfolian (pembersih sel-sel kulit mati dan kotoran)

Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara mencampurkan satu sendok madu pada 2 sendok sereal oatmeal. Campuran ini bisa diusapkan ke permukaan kulit wajah minimal seminggu sekali.

9. Madu bisa digunakan sebagai obat jerawat dan penghilang noda bekas jerawat.

Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara mencampurkan sesendok madu dengan sedikit bubuk kayu manis. Kemudian, usapkan campuran ini pada bagian yang berjerawat atau noda berjerawat. Diamkan selama satu malam dan bersihkan di pagi hari. Lakukan hal ini berulang-ulang minimal selama satu minggu.

Cara-cara perawatan madu untuk kecantikan kulit yang sudah dijelaskan di atas sangat mudah dan sederhana. Siapkah Anda untuk mempunyai kulit cantik dengan menggunakan madu?

7 Comments to “Manfaat Madu bagi Kulit”

  1. [...] madu untuk kulit tubuh Manfaat Madu bagi Kulit – Madu dan Lebah – Universitas Brawijaya http://mustakim.staff.ub.ac.id/sample-page/manfaat-madu-bagi-kulit/ Apa saja manfaat madu bagi [...]

  2. [...] madu untuk kulit kering Manfaat Madu bagi Kulit – Madu dan Lebah – Universitas Brawijaya http://mustakim.staff.ub.ac.id/sample-page/manfaat-madu-bagi-kulit/ Lakukan minimal seminggu 2 [...]

  3. [...] madu untuk masker rambut Manfaat Madu bagi Kulit – Madu dan Lebah – Universitas Brawijaya http://mustakim.staff.ub.ac.id/sample-page/manfaat-madu-bagi-kulit/ Apa saja manfaat madu bagi [...]

  4. [...] Manfaat Madu bagi Kulit – Madu dan Lebah – Universitas Brawijaya http://mustakim.staff.ub.ac.id/sample-page/manfaat-madu-bagi-kulit/ Apa saja manfaat madu bagi kecantikan dan kesehatan kulit? Lalu, bagaimana … Madu bisa melembutkan dan melembapkan kulit wajah normal (madu murni). [...]

  5. [...] Manfaat Madu bagi Kulit – Madu dan Lebah – Universitas Brawijaya http://mustakim.staff.ub.ac.id/sample-page/manfaat-madu-bagi-kulit/ Apa saja manfaat madu bagi kecantikan dan kesehatan kulit? Lalu … Madu bisa digunakan sebagai obat jerawat dan penghilang noda bekas jerawat. Manfaat … [...]

  6. [...] sumber : http://mustakim.staff.ub.ac.id/sample-page/manfaat-madu-bagi-kulit/ [...]

  7. [...]  Manfaat Madu bagi Kulit – Madu dan Lebah – Universitas Brawijayahttp://mustakim.staff.ub.ac.id/sample-page/manfaat-madu-bagi-kulit/ Lalu, bagaimana cara menggunakan madu untuk mempercantik kulit? 1. Madu … Cara-cara ini juga bisa dipakai dalam perawatan kulit lutut, siku, tangan, atau … [...]

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.