ROYAL JELLY

1. Royal Jelly

Royal jelly adalah zat yang memilikikadar kekentalan tinggi. Warnanya putih,rasanya pahit, dan beraroma istimewa. Royal jelly memiliki nilai gizi yang tinggi. Salah satu bukti nyata dari khasiat ini adalah umur ratu lebah yang begitu panjang hingga bertahun-tahun. Padahal, lebah pekerja betina yang tidak memakan royal jelly, umurnya tidak mencapai tujuh minggu.

 

Komposisi royal jelly belum ditemukan dalam bentuk hasil penelitian yang sempurnahingga sekarang. Sekitar 3% dari bahan royal jelly belum ditemukan hingga sekarang.Adapun zat yang sudah ditemukan, di antaranya adalah 12,5% gula, 12,5% proton, serta 5,5% minyak, garam mineral, dan zat antibiotik. Selain itu, royal jelly juga mengandungvitamin B (seperti vitamin B1,B2, B6), asam folat, dan vitamin E yang khusus berkhasiat dalam kematangan reproduksi.

 

2. Manfaat Royal Jelly

Berikut ini merupakan manfaaL royal jellybagi manusia.

 

a. Obat yang bermanfaat bagi penyakit pengerasan dinding pembuluh’nadi, penyakitkronis organ percernaan, organ urat saraf, dan organ sirkuiasi darah.

 

b. Obat kegelisahan (nervousity), susah tidur, dan penguat ingatan.

 

c. Penguat daya tahan tubuh secara umum dan pembangkit selera makan.

 

Adapun manfaat bagi lebah adalah sebagai zat yang mengubah larva lebah menjadi ratu lebah yang berumur panjang. Jika tidak berhasil mendapatkannya, larva akan berubah menjadi lebah pekerja betina atau lebah jantan.

No Comments to “ROYAL JELLY”

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.